Sosialisasi Regestrasi Kebun Manggis

Selasa, 26 April 2011

    Tanaman Manggis yang dikenal dengan sebutan “Queen of fruit” merupakan tanaman buah tropik eksotik yang sangat diminati oleh konsumen luar negeri karena memiliki keindahan warna dan kenikmatan rasanya. Manggis banyak mengandung kalori dan vitamin C, selain itu mengandung protein buah dan karbohidrat. Sehingga Buah Manggis memiliki pangsa pasar ekspor tinggi tidak saja untuk pemenuhan konsumen lokal.

Terkait hal tersebut, maka perlu adanya perlakuan terhadap tanaman manggis baik dari pemeliharaan sampai pasca panen untuk peningkatan mutu dan produksi. Upaya yang dilakukan adalah pembinaan bagi petani melalui SL-GAP Manggis. Pelaksanaan SL-GAP ini adalah wajib bagi para petani sebab nantinya Eksportir hanya menerima barang produksi yang sudah lolos dari penerapan SOP dan GAP tersebut. Ini disampaikan oleh Ir. Gusti Mustika (Kabid. Hortikultura Dinas Pertanian TPH Kab.Tabanan) pada tanggal 26 April 2011di Balai masyarakat Galiukir  selaku pembicara dalam acara sosialisasi regestrasi kebun Manggis yang didampingi Gusti Putu Wiadnyana selaku Pelaksana SL-GAP Manggis. Lanjut dikatakan bahwa penerapan SOP dan GAP terhadap tanaman manggis nantinya dijadikan sebagai bahan referensi dalam pemenuhan syarat regestrasi kebun manggis, yang mana ada 14 indikator yang harus terpenuhi sebagai acuan penilaian dalam penentuan kebun yang layak di regestrasi. Dan permohonan untuk regestrasi kebun ini hanya bisa dilakukan oleh anggota kelompok tani atas rekomendasi ketua kelompok, sedang untuk perorangan akan ditolak, hal ini mengingat alasan tanggung jawab serta dalam hal pengawasan.
     Dalam acara tersebut juga hadir Jro Putu Tesan (Eksportir yang juga Ketua Asosiasi Kelompok Tani) menyampaikan bahwa tujuan pembentukan asosiasi tersebut adalah dalam  rangka mewujudkan kerjasama kegiatan antar kelompok tani yang ada dikawasan Kecamatan Pupuan dan Selemadeg Barat yang memiliki satu visi, misi dan program serta produksi hasil pertanian yang sejenis, serta kegiatan kelompok yang bernuansa usaha pertanian agrobis.


0 comments:

Posting Komentar

Mohon komentar mengenai blog dan artikel ini serta segala kekurangan dan kelebihan dalam blog ini, Terimakasih...!

Sekretariat :
Br. Galiukir Kaja, Desa Kebonpadangan, Kecamatan Pupuan
Tabanan - Bali 82163.
Subscribe via Email